Metafora Rasulullah


Betapa indahnya perangaimu wahai Rasul, kau memberikan wejangan metafora dari keindahan berpribahasa yang kau lontarkan melalui sabdamu.

Hadits diriwayatkan al-Hakim dari Aisyah ra. dia berkata: Nabi bersabda kepada istri-istrinya: “yang paling cepat mengikutiku diantara kalian, yang paling panjang tangannya”.

Aisyah melanjutkan perkataannya: dan ketika kami (istri-istri Nabi) berkumpul di salah satu rumah di antara kita pasca wafatnya Rasulullah, kita saling memanjangkan tangan di dinding untuk mengetahui sapa yang paling panjang. Dan kita tidak berhenti melakukan itu, hingga datang Zainab binti Jahsy istri nabi yang memiliki perangai kecil, dan tidak mungkin dia sepanjang tangan kita. Maka ketika itupula kita mengetahui maksud sabda nabi itu, sebenarnya yang di maksud panjang tangan itu adalah paling banyak sadaqahnya. (kitab Al-Mustadrak)
_____
Hadits ini akan jadi ambigu bila ada kaum yang mengaku tidak membutuhkan takwil ketika menggunakan dalil Qur’an dan Sunnah dalam mengambil istimbad dan berijtihad, sebaliknya menggunakan secara mentah-mentah teks (dhohiru al-alfadh) ketika terdapat teks yang mutasyabihat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s