Syeikh al-Azhar Ahmad Thayyib dengan Perumpamaannya


Grand Syeikh al-Azhar Ahmad Thayyib
Grand Syeikh al-Azhar Ahmad Thayyib

Oleh; Rifai

Salah satu kecerdikan Grand Syeikh al-Azhar Ahmad Thayyib, untuk memberi pemahaman yang mudah dalam tulisannya, beliau selalu membumbui dengan perumpamaan. Dengan perumpamaan beliau mengemas pembahasan teori filsafat yang berat, rigit dan rumit, menjadi ringan serta mudah dicerna akal. Bahkan dengan perumpamaan, argumentasi yang beliau utarakan bisa diterima oleh siapapun pembacanya.

Semisal, untuk membantah filosof aliran empiris seperti Hume yang menafikan penyebab utama dari segala materi yang ada, dan melihat semua materi yang ada mengikuti dan melanjutkan materi lainnya dengan sendirinya. Dengan cerdas, Syeikh Ahmad Thayyib menggunakan perumpamaan bola billiard, untuk menbantah pandangan materialisme Hume itu. Bahwa, antara sesama bola billiard yang satu dengan yang lainnya tidak akan bersentuhan, tanpa adanya sesuatu yang menjadi pendorong satu bola ke arah bola-bola yang lain.

Dari perumpamaan ini, bukti adanya penyebab utama adalah sebuah keniscayaan tak terbantahkan, dan sulit untuk menolak argumentasi dari perumpamaan ini. Bahwa penyebab adanya materi bukanlah materi itu sendiri, melainkan penyebab utama yang tak bermateri.

kemudian, ketika beliau membantah terori gerak Marxis yang bertolak dari nalar dialektika, sehingga adanya gerakan seakan disebabkan gesekan energi negatif dan positif, anti tesa dan tesa, antara kaum borjuis dan proletar. Syeikh Ahmad Thayyib, mengumpamakan gerakan ini seperti baterei yang berisi energi listrik positif dan negatif, kemudian menggerakan suatu mainan. Untuk membantah hal itu, beliau menghadirkan perumpamaan teori gerak yang didasari oleh satu sumber. Beliau memperlihatkan perumpamaan air mendidih dan bergerak, bahkan menyusut karena mendapatkan satu energi, yaitu energi panas api.

Dari perumpamaan ini, Syeikh Azhar ingin mengemukakan bahwa gerakan yang ada di alam semesta tidaklah berasal dari gesekan materi, melainkan berasal dari satu sumber energi Yang Maha Kuasa.

Kairo, Selasa 7 April 2015.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s